BAB II

LANDASAN TEORI

Salah satu pedoman penting yang akan memberikan gambaran awal mengenai alur penelitian yang kemudian akan dijadikan dasar analisis selanjutnya. Berdasarkan hal tersebut, maka beberapa konsep dasar teori yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian ini akan dijabarkan lebih lanjut.

2.1 Pelayanan

RS. Mitra Keluarga Internasional merupakan salah satu yang terbaik dan terkenal di Indonesia. RS. ini mampu bersaing diantara RS. swasta lainnya yang tidak kalah kompeten dan memiliki kualitas pelayanan di atas rata-rata. RS. ini selalu mengutamakan pelayanan terbaik kepada para pasien mereka untuk meningkatkan nama baik RS. ini. RS. Mitra sangat memperhatikan kinerja para karyawan untuk menjaga loyalitas pelanggan. Demi menaikkan mutu pelayanan karena semakin ketatnya persaingan dalam pelayanan RS Mitra Internasional, mereka memberi dimensi pelayanan yang bervariasi. RS Mitra Internasional telah melakukan pelayanan yang cukup baik sehingga pelanggan merasa puas terhadap pelayanan jasa yang diberikan oleh RS Mitra Internasional.

2.2 Tempat/Lokasi

RS. Mitra Keluarga Internasional bertempatkan pada posisi yang strategis. Mudah dijangkau dengan kendaraan umum, berada di lingkungan keramaian, cukup menarik dan memberikan daya tarik bagi para pasien mereka untuk memilih RS. ini sebagai tempat pelayanan kesehatan. RS. ini pun memiliki eksterior yang tertata rapi dan bersih maupun memiliki interior yang bersih, sejuk, tenang yang dapat membuat para pasien merasa nyaman di dalamnya.

2.3 Hipotesis

  1. Ketepatan dan kecepatan dokter dan perawat dalam menangani pasien.
  2. Kepekaan dokter dan perawat terhadap pasien rawat inap.
  3.  Pengetahuan dan kemampuan dokter dan perawat dalam menangani pasien.
  4. Kemampuan perawat dalam memahami pasien yang sakit.
  5. Kualitas bangunan atau tempat, kualitas kamar, toilet, dan kenyamanannya.